Daerah

Seleksi Penerimaan Bintara Polri Tahun 2020 Dimulai, Target Rekrutan Bintara di Polda Kaltim 2.599

APIKNEWS.COM, BALIKPAPAN – Seleksi penerimaan calon anggota Polri jalur Bintara tahun 2020 mulai bergulir.

Khusus di wilayah Kepolisian daerah Kalimantan Timur, tim panitia seleksi penerimaan Bintara Polri telah dibentuk sekaligus penandatanganan pakta Integritas dan pengambilan sumpah panitia calon Bintara Polri dan orang tua wali pada Rabu kemarin (19/8/2020).

Pengambilan sumpah dan penandatangan pakta Integritas itu dipimpin langsung oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol. Muktiono didampingi Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol. Edhy Moestofa dan dihadiri pula oleh para pejabat utama, para Panitia Internal, Eksternal, serta para peserta dan orang tua wali peserta.

Karo SDM Polda Kaltim Kombes Pol. Marjuki menjelaskan, setelah terjadi penundaan secara nasional karena adanya pandemi covid-19,

Polda Kaltim kembali menggelar seleksi calon Bintara Polri dengan mengutamakan protokol kesehatan, dan memegang tegas system BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dan Clean and Clear.

“Tahapan seleksi akan menerapkan protokol kesehatan covid-19, baik test teori maupun praktek” jelas Karo Sdm Polda Kaltim, Kamis (21/8/2020).

Ia menyebutkan, seluruh panitia seleksi nantinya akan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD), sedangkan untuk peserta seleksi wajib menggunakan masker mencuci tangan,dan tentunya akan dilakukan pengecekan suhu tubuh.

“Jika dalam pelaksanaan seleksi terdapat peserta yang memiliki suhu tubuh tinggi, kita akan melaksanakan protokol penanganan Covid-19. Saya juga berharap jelang digelarnya tahapan seleksi, para peserta sudah mempersiapkan diri serta meningkatkan kemampuannya,” tambahnya.

Ditempat terpisah, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryana menerangkan jumlah peserta Seleksi Calon Bintara Polri pada Penerimaan Polri TA. 2020 di daerah Kaltim ada sebanyak 2.599 peserta.

Jumlah peserta yang menjadi target tersebut terdiri dari 2.343 peserta Calon Bintara PTU (Tugas Umum), 238 peserta Calon Bakomsus (Kompetensi Khusus) dan 18 Calon Bintara Rekpro (Talent Scouting).

“ Ada beberapa tahapan dalam seleksi diantaranya Pemeriksaan administrasi awal, Pemeriksaan Kesehatan tahap I, Pemeriksaan Psikologi Tahap I, Uji Jasmani, Uji Renang, Anthropometri, Uji Akademik, Pemeriksaan Kesehatan Tahap II, Penelusuran Mental Kepribadian dan Psikologi Tahap II, Administrasi Akhir, dan Sidang Kelulusan Akhir, diperkirakan Pembukaan Pendidikan pada tanggal 17 November mendatang” jelas Ade Yaya. (*)

(Tribunkaltim.co)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button