HeadlineMetropolis

Kaltim Perlu Waspada Cuaca Ekstrem

ApikNews.com, Samarinda – Anggota DPRD Kaltim Amiruddin mengingatkan agar warga, nelayan serta pengguna transportasi laut untuk lebih waspada terhadap tanda alam yang mengarah pada bahaya potensi cuaca ekstrem seperti gelombang tinggi, hujan lebat, angin kencang dan kilat. Sebagian wilayah yang perlu mewaspadai yakni Berau, Bontang, Kutai Timur, Kutai Barat, Mahakam Ulu dan Kutai Kartanegara bagian barat.

Namun bukan berarti daerah lain tidak perlu waspada, informasi yang dikeluarkan BMKG, Kaltim bagian barat seperti Balikpapan dan PPU serta Paser juga memiliki potensi cuaca ektstrem pada malam hingga pagi. Untuk perkiraan tinggi gelombang juga cukup perlu diwaspadai jika ketinggian dari 1,5 meter hingga 4 meter,? ungkap Amiruddin.

Atas potensi tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah diharapkan siaga menghadapi potensi ini. Seperti upaya pencegahan bencana dan upaya mengatasi dan mengurangi dampak bencana. Selain itu, ia juga berharap daerah-daerah yang rawan longsor juga perlu mendapat pemantauan sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi bencana. Longsor ini ancamannya tidak main-main, sangat mengancam nyawa apalagi jika terjadi disekitar pemukiman warga maupun poros jalan. Begitupula potensi banjir yang terjadi di wilayah-wilayah langganan banjir. Sedangkan gelombang tinggi berbahaya bagi nelayan dan pengguna transportasi laut lain,? kata Amiruddin.

Amiruddin menilai, bencana alam bukan hanya mengancam keselamatan dan nyawa namun juga berdampak pada kerugian akibat kerusakan infrastruktur, rumah warga, fasilitas umum lainnya. Oleh sebab itu, dengan peringatan yang ada maka pemantauan harus dilakukan lebih signifikan. (smr)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button